Friday, April 8, 2011

Ketahui Jumlah Kalori Lewat Foto

Jakarta - Konsumen yang peduli akan kandungan kalori dalam makanan, pastinya sangat berhati-hati sebelum menyantap sebuah hidangan. Nah, kini ada aplikasi ponsel menarik yang bisa membantu mereka. Tak perlu repot mengira-ngira atau bahkan membawa alat hitung untuk mengetahui jumlah kalorinya. Cukup dengan mengambil gambar makanan tersebut dengan kamera ponsel, dan aplikasi bernama Meal Snap akan memberitahukan berapa banyak kalori yang terkandung di dalamnya.

Meal Snap yang dibuat pengembang aplikasi DailyBurn, untuk saat ini baru tersedia untuk iPhone. Aplikasi ini bisa mengidentifikasi apapun, mulai dari sekantong keripik kentang hingga iga panggang.

Namun dikatakan CEO DailyBurn Andy Smith, aplikasi ini menghitung item makanan secara spesifik. Misalnya, menghitung jumlah kalori dalam sandwich kalkun, bukan sandwich kalkun yang ditambah dengan selembar keju dan mayonnaise. Hasil kalkulasi berdasarkan buku referensi penghitungan kalori dan mengacu pada database informasi nutrisi.

Diakui Smith, aplikasi ini tidak selalu akurat dalam mengidentifikasi makanan dang mengkalkulasi kalorinya. "Keakuratan bukanlah hal yang terpenting, sengaja menyimpan catatan makanan yang disantap seseorang adalah manfaat terbesar dari penghitungan kalori," ujarnya.

Menurutnya, seperti dikutip detikINET dari Mashable, Jumat (8/4/2011), dengan Meal Snap, pengguna secara otomatis membuat semacam buku harian bermanfaat yang memuat informasi makanan apa saja yang dilahapnya.(detik.com)

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

No comments: