panorama alam yang menyejukkan mata kita

" width="495" />

Wednesday, November 4, 2015

Tulang Spons

Tulang spons adalah bagian tengah tulang yang berongga serta terdapat sumsung tulang merah dan sumsum tulang kuning. Sumsun tulang merah memproduksi sel darah merah, sedangkan sumsum tulang kuning menyimpan lemak.
Dalam bahasa Inggris, tulang spons (spongiosa) disebut cancellous bone. Tulang spons merupakan salah satu dari dua jenis jaringan tulang yang membentuk tulang. Jenis lainnya adalah tulang kortikal (tulang kompak)

1. Struktur Tulang Spons
Dibandingkan dengan tulang kompak, tulang spons memiliki luas permukaan yang lebih luas dan massa jenis yang kurang karena kurang padat. Struktur seperti itu membuat tulang spons menjadi lebih lembut, lemah, dan lebih fleksibel. Luas permukaan yang lebih besar dibandingkan tulang kompak membuat tulang spons cocok untuk dijadikan tempat metabolisme kalsium. Tulang spons banyak mengandung pembuluh darah dan seringkali ditemukan sumsum tulang merah.

2. Penelitian Tulang Spons
Nama latinnya adalah substantia spongiosa. Kata cancellous mengacu pada lubang-lubang kecil pada tulang spons. Tulang spons pertama kali digambarkan secara akurat oleh Crisostomo Martinez.

3. Letak Tulang Spons
Tulang spons dapat ditemukan di seluruh tubuh. Tulang spons biasanya ditemukan di ujung tulang panjang, persendian, dan bagian dalam tulang belakang.

4. Fungsi Tulang Spons
Fungsi tulang spons adalah sebagai peredam kejut seperti saat melompat, sebagai tempat memproduksi sel darah merah, dan sebagai tempat terjadinya metabolisme kalsium.

 5. Penyakit pada Tulang Spons
 Tulang spons lebih banyak kena pengaruh saat terjadi osteoporosis dibandingkan tulang kompak.

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

No comments: