Thursday, October 23, 2014

Pingin Sehat Kenali Tanda Segitiga Pada Botol Plastik

Sumber informasi soal plastik dan kesehatannya Lynn R. Goldman, MD, MPH, professor Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health’s Department of Environmental Health Sciences mengatakan: Bisphenol A (BPA) adalah kimia buatan
manusia dipakai dalam pembuatan plastik termasuk tempat makanan dan minuman, termasuk botol minum polycarbonate, juga kaleng makanan. Banyak penelitian membuktikan bahwa BPA terlepas sebagian (bisa bercampur dengan makanan) bila plastik terkena panas. (http://www.jhsph.edu/publichealthnews/articles/2008/goldman_schwab_bpa.html)
Berapa derajat panasnya itu tergantung jenis plastik dan perlu diketahui kalau BPA itu berbahaya bagi kesehatan manusia. Dibahas juga disana tentang bagaimana dengan botol susu dengan kode 7 PC (Polycarbonate) apakah aman?
Hindari penggunaan botol dengan kode 7 apapun itu, termasuk 7 PC dibagian bawah, carilah kode 5 PP. Kalaupun terpaksa menggunakan kode 7, jangan memanaskan botol di microwave dengan susu didalam botolnya.
So..kalau anda melakukan steril botol dengan rebus botol atau dengan alat steril, jangan lupa bilas dengan air bersih dan tunggu botol dalam keadaan benar-benar dingin sebelum digunakan. Namun tetap sebisanya cari yang memiliki kode 5 PP.

Jadi…Plastik apa yang aman untuk tempat makanan dan botol minum?

Jenis plastik ada bermacam-macam di http://en.wikipedia.org/wiki/Plastic dibagian bawah tertulis, untuk mempermudah pengolahan plastik, institut botol plastik memberi tanda yang mudah berdasarkan tipenya. Yakni tanda segitiga dengan angka didalamnya, seperti:


1. PET / PETE = polyethylene terephthalate
Biasanya dijumpai juga di botol air mineral di Indonesia, hanya untuk 1 kali pakai saja.

2. HDPE = high-density polyethylene
Biasanya dijumpai di botol detergen, botol air isi ulang, botol susu. Aman untuk 1 kali pakai, untuk pemakaian berulang kali ada beberapa website yang TIDAK MENGANJURKAN namun ada beberapa website yang TIDAK membahas, cuman dikatakan AMAN. Perlu cari informasi lebih lanjut deh

3. PVC = polyvinyl chloride
Biasanya dijumpai di pipa, furniture outdoor.
Tidak untuk tempat makan minum.

4. LDPE = low-density polyethylene
Biasanya dijumpai di tempat makanan, plastik kemasan.
AMAN !

5. PP = polypropylene
Biasanya dijumpai di tempat minum, tempat makanan spt yogurt. Ini plastik jenis yang terbaik untuk tempat makanan dan minuman. AMAN !

6. PS = polystyrene
Biasanya dijumpai di tempat minum sekali pakai.

7. Other = selain 6 kode diatas, bisa PC, SAN, ABS, Nylon atau OTHER.
Aman atau tidak tergantung jenis plastiknya.
Mulanya kami hanya berpikir… ah cuman botol minum aja yang plastik, eh ternyata setelah melihat isi dapur dan lemari es… wow… ternyata banyak tempat makan yang dari plastik. Mulai dari cetakan puding, tempat simpan kerupuk, tempat simpan kue kering, tempat makan anak, botol susu, tempat gula pasir, dsb dsb…
Yang penting… jangan masukin makanan panas ke dalam plastik… kalaupun itu terpaksa, pastikan plastik tersebut no 5.
(papadanmama.com)

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

No comments: