YANG MENARIK PERHATIAN

Friday, July 1, 2011

Jalan Cepat Bisa Lawan Prostat

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang ditakuti oleh laki-laki. Tapi studi menunjukkan laki-laki yang baru didiagnosis kanker prostat bisa mencegah perkembangan pernyakitnya dengan melakukan jalan cepat.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti diketahui orang-orang yang
berjalan dengan menggunakan kekuatan (jalan cepat) selama setidaknya 3 jam seminggu bisa mengurangi kanker yang akan tumbuh dan menyebar di beberapa tahun mendatang.

Para ahli mengungkapkan hal itu menunjukkan bahwa menjaga tubuh tetap aktif bisa meningkatkan kesehatan. Tapi studi yang dilaporkan dalam jurnal Cancer Research memperingatkan bahwa berjalan biasa tidak memiliki efek yang sama.

Peneliti dari University of California San Francisco mengamati 1.455 orang yang sebagian besar berusia 60-an tahun yang didiagnosis terkena kanker prostat terlokalisasi (belum menyebar ke bagian tubuh lain).

Partisipan ini diminta memberitahu berapa banyak latihan yang dilakukan dan apa tipenya. Selama 31 minggu peneliti menganalisa partisipan termasuk kekambuhan penyakit, terjadinya tumor tulang dan kematian akibat kanker prostat.

Peneliti menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi tersebut.

"Tampaknya laki-laki yang berjalan cepat setelah didiagnosis dapat menunda atau bahkan mencegah perkembangan penyakit tersebut. Manfaat dari berjalan ini tergantung pada seberapa cepat Anda berjalan," ujar kepala penelitian Erin Richman, seperti dikutip BBCNews, Rabu (25/6/2011).

Richman menuturkan berjalan adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang, tapi berjalan santai tampaknya tidak memiliki manfaat untuk hal ini. Karena ilmuwan percaya berjalan cepat bisa mempengaruhi perkembangan kanker dengan mengubah kadar protein tertentu yang telah terbukti di laboratorium berfungsi mendorong pertumbuhan kanker.

Hasil studi ini masih harus dilanjutkan untuk memastikan apakah hasilnya bisa diterapkan pada semua pasien kanker prostat atau tidak. Namun para pasien tetap disarankan untuk memiliki gaya hidup sehat yang meliputi aktivitas fisik serta berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas baru. (detikhealth.com)

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

1 comment:

Ifan Jayadi said...

Infonya bagus banget. Yang artinya bahwa kita diingatkan untuk sering berolahraga jalan cepat agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini