panorama alam yang menyejukkan mata kita

" width="495" />

Wednesday, April 20, 2011

PUKUL 00.05 MASIH MALAM ATAU SUDAH PAGI?

Apa yang terlintas dibenak anda jika mendengar kata pagi? Pasti yang terbayang adalah saat matahari terbit dengan diiringi kicau burung yang bersahutan. Namun, sering kita jumpai istilah “pagi “ digunakan pada waktu yang menurut kita keadaan masih gelap sebelum fajar terbit. Pada dunia penyiaran misalnya, para penyiar bila mengucapkan salam kepada pemirsa pada jam 00 lebih sedikit sering mengucapkan salam dengan mengucap “selamat pagi”. Dalam kehidupan masyarakat , kebanyakan masih menganggap hal ini terdengar kurang pas untuk diucapkan. Sebab kenyataannya pukul 00 lebih sedikit memang masih tengah malam.
Agar kita tidak dibuat bingung dengan penggunaan kata tersebut, mari kita coba urai istilah-istilah yang berhubungan dengan waktu/saat yang menunjukkan mulai tengah malam hingga siang hari berdasarkan kamus bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, sehingga kita bisa memahami penggunaan istilah “pagi” dengan pas.
1. Tengah malam artinya waktu malam hari mulai pukul 24.00 sampai 02.00 (halaman 928)
2. Dini hari artinya pagi-pagi benar antara pukul 03.00 sampai 05.00 (halaman 207)
3. Pagi artinya 

     a): bagian awal hari (halaman 635)
     b): waktu sejak matahari terbit hingga menjelang siang
4. Hari artinya

    a): waktu antara jam 24.00 hingga 24.00 lagi (24 jam)
    b): waktu bagian siangnya saja. Misalnya perjalanan dari sini ke gunung itu lamanya sehari semalam.
Menurut uraian diatas, bila kata “pagi” dimulai dari jam 00.01 berdasarkan definisi no 3a dihubungkan dengan 4a, sebenarnya betul tapi kurang pas, sebab jam tersebut kenyataannya masih tengah malam(lihat definisi no 

1 ). Wacana yang lain lagi bila kita menghubungkan arti pagi berdasarkan definisi no 3a dihubungkan dengan no 4b, maka “pagi” adalah waktu sejak matahari terbit, sedang sebelum matahari terbit disebut “pagi buta” atau “dini hari”. Jadi misalnya jam 00.05 sudah disebut “pagi” lalu jam berapakah yang disebut “dini hari”?
Bila jam 00.05 sudah disebut “pagi” maka istilah waktu dalam sehari semalam yang paling panjang adalah “pagi”, yaitu mulai pukul 00.01 sampai pukul 11.00 siang. Mengapa harus demikian?
Demikian uraian ini, semoga menjadi tambahan wawasan khususnya penggunaan istilah “pagi” agar bisa lebih sesuai untuk diucapkan.

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

No comments: