panorama alam yang menyejukkan mata kita

" width="495" />

Wednesday, April 20, 2011

Mengenal Ilmuwan Biologi (Felix Dujardin)

Felix Dujardin (April 5, 1802 - April 8, 1860) adalah seorang ahli biologi Perancis yang lahir di Tours. Dia diingat untuk penelitian protozoa dan invertebrata lainnya. Pada tahun 1840 ia ditunjuk sebagai profesor dari geologi dan mineralogi di Universitas Toulouse, dan pada tahun berikutnya dia menjadi seorang profesor dari zoology dan botani di Rennes. Nanti dalam karirnya ia menjadi anggota dari Perancis Académie des sciences. Mengenai latar belakang pendidikannya, Dujardin lebih banyak belajar secara otodidak

Dujardin terutama dikenal untuk karyanya dengan hewan mikroskopis , dan pada 1834 yang diusulkan kelompok baru organisme bersel satu yang dipanggil Rhizopoda; artinya "akar-kaki. Nama itu kemudian diubah menjadi Protozoa. Dia menolak konsep Naturalis Kristen Gottfried Ehrenberg's ( 1795-1876) yang menyatakan organisme mikroskopis adalah "organisme lengkap" yang mirip dengan hewan yang lebih tinggi.

Dalam Foraminifera, ternyata dia menemukan sebuah kehidupan formless substansi yang dinamakannya "sarcode"; yang kemudian diganti oleh protoplasma oleh Hugo von Mohl (1805-1872). Selain itu, dia melakukan penelitian yang luas,termasuk di dalamnya kelompok hewan tdk bertulang punggung echinoderms, helminths dan cnidarians.

Pada 1850 Ia adalah orang pertama yang menggambarkan jamur badan, kunci dalam sistem saraf struktur serangga.

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

No comments: