YANG MENARIK PERHATIAN

Thursday, May 12, 2011

Bagaimana Supaya Gigi Kita Tumbuh Lagi

Kamu pengen tahu, kenapa gigi hiu bisa berulang kali tumbuh tapi gigi manusia hanya bisa sekali ganti? Para ahli genetik telah menemukan jawabannya. Yang menggembirakan, temuan ini membawa harapan bahwa suatu saat gigi orang dewasa yang tanggal pun bisa tumbuh lagi.
Adalah sebuah gen tunggal yang berperan untuk mencegah pembentukan gigi tambahan pada spesies yang memiliki gigi terbatas. Saat ilmuwan membudidayakan tikus yang tidak memiliki gen ini, binatang pengerat itu memiliki gigi ekstra yang tumbuh di sebelah geraham mereka. Ini juga terjadi pada hiu. Demikian menurut penelitian ilmuwan Univeristas Rochester baru-baru ini.

Pengeroposan gigi akibat permen merupakan masalah umum. Banyak orang melakukan tambal gigi untuk mengatasi masalah ini. Namun, cara ini pun sering meninggalkan keluhan.

Bila ilmuwan mampu mengupayakan gigi orang dewasa bisa tumbuh kembali, ini akan memungkinkan seseorang memilih ganti gigi pada saat telah dewasa, bukan ketika masih kanak-kanak.

“Ini menarik. Kami telah mendapatkan petunjuknya,” kata Dr Songtao Shi dari University of Southern California School of Dentistry. Dia mengatakan, temuan ilmuwan Rochester akan membantu risetnya tentang bagaimana menumbuhkan gigi baru dari bekas gigi yang tanggal.

Pertumbuhan gigi, meski baru terlihat saat balita, prosesnya telah berlangsung sejak masih janin. Gigi muncul di barisan selaput di sepanjang rahang yang disebut dental lamina.

Adapun susunan yang ada di gusi disebut epithelium. Ilmuwan telah lama mengira bahwa tanda susunan gigi terletak pada lapisan jaringan tersebut.(http://www.iradisa.com)

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

4 comments:

Bali Hotels said...

Zat apakah yang di pakai untuk menumbuhkan gigi kembali?

Anonymous said...

semoga bisa cepat terwujud

Muhammad Junaidi said...

Semoga cepat terwujud dan jangan lupa terus berdoa amien

Muhammad Junaidi said...

Moga cepet terwujud amien