panorama alam yang menyejukkan mata kita

" width="495" />

Wednesday, April 13, 2011

Ulat Bulu Mewabah Di Probolinggo

Peristiwa yang terjadi baru-baru ini di Probolinggo tepatnya di Leces kabupaten Probolinggo yaitu tentang wabah ulat bulu, adalah salah satu bentuk perubahan ekosistem. Apabila salah satu faktor pembentuk ekosistem berkurang atau punah maka akan di ikuti oleh pertumbuhan salah satu komponen biotik yang lain. Contohnya ulat bulu, bisa jadi di daerah tersebut salah satu populasinya menurun sehingga populasi ulat bulu meningkat, populasi burung pemakan ulat atau telornya berkurang sehingga mendukung populasi ulat bulu untuk berkembang pesat, dan faktor pendukung lainnya yaitu karena didaerah probolinggo banyak penduduknya yang menanam pohon mangga, daun mangga sangat disukai ulat bulu karena memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi, ditambah dengan faktor abiotik yaitu musim penghujan atau iklim sehinga semakin menambah tingkat kelembaban, yang semakin disukai oleh ulat bulu. Ribuan ulat bulu serang Probolinggo, Jawa Timur, bahkan sampai sekitar 10 desa di Probolinggo yang mendapatkan serangan dari ulat bulu ini. Ulat-ulat bulu ini yang turun dari pohon karena dedaunan sudah habis dan akhirnya menyerbu ke rumah-rumah warga. Warga merasa sangat cemas akan wabah ulat bulu di Probolinggo yang menyerang desa mereka. Sudah banyak warga yang menjadi korban ulat-ulat bulu ini, banyak yang menderita gatal-gatal yang di sebabkan oleh bulu-bulu ulat yang beracun ini. Bulu-bulu yang berterbangan yang menempel pada kulit ini akan menyebabkan rasa gatal-gatal yang menyiksa. Warga berharap pemda setempat turun tangan mengatasi masalah ulat bulu tersebut.

Salah satu warga yang sempat di wawancarai sempat berkomentar, ia harus membersihkan rumah dari wabah ulat bulu ini paling tidak 2 jam pada pagi hari dan 2 jam pada sore hari. Karena warga tidak ingin para ulat masuk ke dalam rumah, sehingga mereka harus rela membersihkan sendiri halaman bahkan tembok-tembok mereka yang terdapat ribuan ulat tersebut. Mereka membersihkannya dengan cara menyapu ulat-ulat tersebut lalu membakarnya, agar bulu ulat tersebut tidak berterbangan dan membuat gatal warga sekitar.

Hingga berita ini di munculkan masih banyak sekali ulat bulu yang tersebar di hampir seluruh desa di Probolinggo, Jawa Timur. Sedikit video wabah ulat bulu di Probolinggo yang mengerikan, yang kami ambil dari youtube (MNCTV).

Masukkan email sahabat untuk berlangganan artikel

No comments: